Manfaat Beras Merah Untuk Bayi

Awal Asupan Bergizi Bagi si Buah Hati

Beras Merah Untuk Bayi merupakan salah satu jenis makanan yang sangat baik bagi perkembangan anak. Sebagai orang tua terutama ibu yang memperhatikan dan care terhadap perkembangan, kesehatan  dan asupan nutrisi anaknya, pasti akan sangat teliti dalam menentukan makanan yang bergizi  dan sehat bagi si kecil. Karena Kesehatan bayi sangat dipengaruhi  dari asupan makanan yang dikonsumsinya.

Beras merah mengandung elemen yang  dapat dimanfaatkan secara langsung oleh tubuh seperti halnya karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air. Berbagai macam zat penting tersebut sangat baik sebagai  penopang kesehatan bayi.

Kandungan dan Fungsinya

Umumnya di masyarakat lazim mengklasifikasi jenis beras kepada 3 jenis beras, jenis beras berwarna putih ada yang pulen ada yang pera, jenis kedua beras ketan, dan jenis yang ketiga adalah beras merah. Akan tetapi, apapun jenis beras tersebut, masyarakat awam sekalipun paham tentangnya, beras  hanya sebagai karbohidrat semata, sebagai penghilang rasa lapar dan sumber tenaga untuk melaksanakan segenap kegiatan sehari-hari. Satu hal penting yang perlu diketahui hal layak adalah kandungan dan manfaat dari beras merah. Khususnya Beras Merah Untuk Bayi.

Kandungan yang terdapat dalam beras diantaranya adalah; beras merah mengandung vit.B1,B6, B12 relatif cukup tinggi, mengandung mineral, mengandung serat, mengandung zat besi, mengandung zat tiamin, serta mengandung zat fosfor, dll. Semua kandungan tersebut sangat bermanfaat terhadap perkembangan dan pertumbuhan bayi.

Adapun fungsi Beras Merah Untuk Bayi adalah sebagai berikut; kandungan vit B1, B6, dan B12 yang terdapat pada beras merah berfungsi untuk meningkatkan pembentukan tenaga atau energi dalam sel tubuh si bayi, kandungan mineral yang terdapat dalam beras merah sangat baik terhadap pertumbuhan tulang, gigi, otot dan rambut bayi, kandungan serat sangat baik bagi pencernaan si bayi, kandungan zat tiamin berfungsi untuk membantu perkembangan sel saraf dan jantung si bayi, sedangkan zat fosfor yang terkandung di dalam beras merah berfungsi membantu perkembangan rangka si bayi.

Beberapa Manfaat Lainnya

Selain beberapa fungsi sebagaimana yg telh disebutkan di atas, ada beberapa manfaat lain dari Beras Merah Untuk Bayi. Dalam beras merah itu terkandung zat tepung yang dapat meningkatkan fungsi serotonin jaringan otak pada bayi. Serotonin ini berperan mengatur kangtuk si bayi, hal yang dirasakan adalah bayi akan lebih teratur pola tidurnya. Selain itu kandungan yang terdapat dalam beras merah stabil, dan hal ini berpengaruh terhadap rasa lapar bayi, dimana bayi tidak mudah merasa lapar. Sehingga bangun malam karena lapar tidak akan terjadi.

Beras merah untuk bayi juga akan mampu mencegah terjadinya sembelit pada bayi. Sembelit sering dialami oleh anak bayi, karena bayi cenderung kurang banyak minum air serta kurang suka mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. Karena itu kandungan serat yang tinggi pada beras merah sangat bermanfaat bagi bayi. Manfaat selanjutnya adalah beras merah dapat mencegah gejala penyakit asma. Dimana kandungan magnesium pada beras merah mampu memperlebar otot-otot pada saluran pernafasan bayi.

Penjelasan tersebut di atas sebenarnya menegaskan bahwa asupan makanan yang dikonsumsi oleh bayi sangat berpengaruh terhadap perkembangan pertumbuhan serta kesehatan si bayi. Dan jika di lihat kandungan-kandungan yang terdapat dalam beras merah sangat diperlukan oleh bayi.


Sebagai kesimpulan dalam tulisan ini,  memberikan Beras Merah Untuk Bayi merupakan langkah awal memberikan asupan makanan bergizi yang sangat bermanfaat kesehatan bagi si buah hati.

0 komentar:

Posting Komentar