Beras Merah Untuk Diet

Apakah Benar Beras Merah Untuk Diet?

Akhir-akhir ini trend yang ada di masyarakat yaitu mengkonsumsi beras merah untuk diet. Memang tak dapat dilacak darimana awalnya kebiasaan tersebut muncul.  Akan tetapi yang pasti tersebarnya trend tersebut mulai dari mulut satu ke mulut yang  lain sehingga tersebar luas.

Ada juga yang menganggap bahwa kebiasaan menjadikan beras merah untuk diet ini karena jasa penyedia makanan sehat (cathering) umumnya bukan menggunakan nasi beras putih dalam menu yang ditawarkan akan tetapi menyajikan nasi beras merah, konsumen puas dan cocok, lama kelamaan menjadi menu utama, sehingga kesuksesan tersebut semakin tersebar luas. Terlepas dari pembicaraan darimana awalnya kebiasaan tersebut adalah apakah benar program diet salah satunya bisa dengan mengkonsumsi nasi beras merah? Tulisan singkat ini sedikit akan mengupas fenomena beras merah untuk diet.

Beras Merah Untuk Diet

Selain faktor kecocokan dengan perut orang Indonesia yang sudah terbiasa mengkonsumsi nasi, bahkan sampai ada joke di tengah masyarakat “kalau belum ketemu nasi rasanya belum makan” muncullah cara diet yang banyak serat, dimana perut tetap bisa kenyang konsumsi nasi. Memang bedanya, nasi yang dikonsumsi adalah nasi beras merah bukan dengan nasi beras putih seperti umumnya. Seorang konsultan gizi sekaligus dosen dari UNPAD menyebut cara pola makan dengan beras merah untuk diet ini dengan sebutan diet kaya serat.

Adapun kelebihan pola makan ini adalah sumber utama kandungan karbohidrat dari diet ini adalah hanya berasal dari beras merah, yang kandungan seratnya sangat tinggi. Masih menurut ahli gizi tersebut, walaupun memang secara umum kandungan yang terdapat dalam beras putih maupun beras merah seperti kandungan gizi, protein, mineral, vitamin, maupun lemak sebenarnya agak sama.

Akan tepai letak perbedaannya adalah pada kandungan mineral magnesium, vitamin B1 serta kandungan asam lemak yang terdapat dalam beras merah cenderung lebih tinggi dibandingkan beras putih. Yang paling terlihat adalah terletak pada kandungan serat dalam beras merah. Dimana kandungan serat dalm beras merah 6 X lebih tinggi dari beras putih.

Selain itu dengan pola makan ini, jika melihat atas kadar kandungan seratnya, metode diet ini bisa juga bagi orang yang jarang atau tidak suka dengan sayur mayur untuk memenuhi kebutuhan seratnya. Tidak hanya monopoli orang dewasa, beras merah untuk diet ini juga sangat cocok dan baik untuk anak-anak, bahkan termasuk bayi lima tahun (balita) sekalipun  yang sudah bisa mengunyah makanan dengan baik.

Beras Merah; Jurus sakti Idealkan Berat Badan

Kajian tentang metode makan kaya serat dengan nasi beras merah memang belum begitu banyak dikaji. Akan tetapi, dari ungkapan mayoritas para pemakai metode ini, diet ini ternyata cukup sakti menjadikan berat badan menjadi leih ideal, bahkan sangat efektif untuk mempertahankan berat badan, apalagi jika konsistensi ini bisa terus dijaga ditambah dengan aktivitas olah raga atau aktivitas fisik, dampaknya akan sangat luar biasa.

Dalam beras merah, Kandungan fibernya yang tinggi juga akan menjadikan perut terasa lebih kenyang dan tidak mudah lapar. Dimana teorinya adalah masakan yang tidak banyak mengalami pemrosesan dianggap lebih sehat. Beras merah lebih sedikit pemrosesannya daripada beras putih.

Selain sakti menjadikan berat badan menjadi ideal, diet dengan beras merah memang bisa menjadikan tubuh menjadi lebih sehat. Karena, diet ini dapat merendahkan kadar lemak yang terdapat dalam darah, gula darah, dan maupun kadar asam urat dalam diri. Bagi yang menderita hipertensi yang kelebihan beat badan, tekanan darah yang tinggi juga dapat diturunkan. Karena lazimnya, begitu ketika berat badan yang menurun, maka tekanan darah juga akn ikut turun.

Dengan demikian, kebiasaan mengkonsumsi nasi beras merah untuk diet dapat dijadikan sebagai salah satu gaya hidup sehat.

0 komentar:

Posting Komentar